evaporator-chiller

Komponen Utama Chiller dan Kegunaannya

Chiller adalah alat yang berfungsi mendinginkan air pada bagian evaporatornya. Chiller pada umumnya ditemukan pada beberapa bangunan yang besar seperti hotel, mall dan rumah sakit. Chiller memiliki empat komponen utama yaitu kompresor, kondensor, evaporator chiller dan katup expansi. Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing. Apa saja yang menjadi komponen utama chiller? Berikut ini penjelasannya.

Komponen Utama Chiller

  1. Kompresor

Kompresor pada chiller sama seperti kompresor pada AC. Komponen ini merupakan inti dari sistem refrigerasi yang berfungsi sebagai sirkulasi refrigent dalam chiller. Bagian ini juga bisa menghisap uap yang berasal dari refrigerant agar titik embun menjadi di atas suhu medium pendingin. Berdasarkan mekanisme gerakannya, ada berbagai jenis kompresor yaitu reciprocating compressor, twin screw compressor, rotary compressor dan centrifugal compressor.

  1. Kondensor

Ini merupakan komponen yang berfungsi untuk memindahkan panas yang berasal dari sistem refrigerasi pada media pendingin. Kemudian, panas yang dihasilkan oleh kondensor akan diserap oleh media seperti udara atau air. Media tersebut akan mengubah uap refrigeran menjadi embun cair. Berdasarkan media pendinginnya, komponen ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu kondensor yang menggunakan pendingin udara, yang menggunaka pendingin air serta kondensor yang menggunakan pendingin air serta kondensor yang menggunakan air serta udara.

  1. Katup Expansi

Ini merupakan bagian dengan fungsi penting yaitu menurunkan tekanan refrigeran. Pada katup expansi, terjadilah perubahan dari tekanan yang tinggi menjadi tekanan yang rendah. Selain itu, katup expansi juga berfungsi mengontrol refrigeran yang masuk ke evaporator. Bagian ini yang menjadi tempat untuk proses pendinginan refrigeran. Ada enam katup ekspansi yaitu choke tube, thermostatic expantion value, hand operated needle value, high pressure side value, automatic expantion value dan low pressure side value.

  1. Evaporator Chiller

Evaporator chiller adalah salah satu komponen pada chiller yang menjadi tempat menguapnya refrigerant sehingga panas bisa diserap baik melalui udara, air dan sebagainya. Berdasarkan media yang didinginkan, evaporator chiller terbagi menjadi tiga jenis yaitu air cooled, liquid cooled serta evaporator yang bisa membuat es langsung. Penyebab evaporator chiller membeku biasanya karena hal teknis.

Jenis-Jenis Industri dan Penjelasannya

No Komponen Penjelasan
1 Industri minuman Industri minuman melibatkan banyak proses dimana setiap proses dilakukan pada kisaran suhu tertentu. Chiller dibutuhkan untuk memastikan bahwa suhu yang diinginkan bisa tercapai.
2 Pabrik plastik Chiller sangat penting dalam pabrik plastik. Mengingat betapa pentingnya produk plastik di dunia modern, maka penggunaan chiller jauh lebih penting dibandingkan yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.
3 Kesehatan Keberadaan chiller sangat dibutuhkan pada dunia kesehatan modern. Banyak jenis peralatan medis yang membutuhkan chiller.

Alasan Memasang Chiller untuk Bisnis

  1. Melindungi Peralatan Anda

Alasan terbaik agar sewa gudang chiller berfungsi dalam bisnis yaitu karena chiller tersebut melindungi peralatan anda. Jika anda sampai kehilangan mesin karena mesin terlalu panas maka anda harus menggantinya dengan biaya yang mahal dan bisa menghabiskan banyak anggaran yang akhirnya tidak bisa anda beli. Namun dengan chiller, anda punya cara untuk menghemat biaya dan bisa menggunakannya untuk mendinginkan mesin-mesin yang berperan penting dalam bisnis anda.

  1. Mengurangi Biaya Operasional

Chiller mengalirkan air dan tidak terus menerus mengambil air dari luar dan kemudian membawanya ke sistem saluran pembuangan. Itu artinya anda akan menghemat uang untuk tagihan listrik air dan saluran pembuangan. Chiller juga lebih efektif dibandingkan dengan water tower yang biasa digunakan pada musim panas. Biayanya juga jauh lebih murah. Meskipun chiller menghasilkan pembuangan panas selama operasi namun ada unit khusus yang memulihkan energi ini untuk digunakan sebagai bagian dari siklusnya.

  1. Output yang Sangat Besar

Chiller bisa memberikan tingkat pendinginan yang kuat dengan mempertimbangkan biaya operasional yang jauh lebih rendah. Semuanya tergantung pada ukurannya. Chiller bisa menyediakan 180.000 – 18.000.000 BTU pendinginan per jam sehingga alat ini sangat ideal untuk ruangan industri besar yang tak bisa ditangani oleh AC yang biasa saja. Inilah keuntungan sewa gudang cikarang.

  1. Dampak Lingkungan

Chiller komersial sangat ramah lingkungan, menggunakan lebih sedikit energi untuk melakukan pekerjaan sambil tetap menyediakan pendingin. Model chiller yang lebih baru bisa meningkatkan efisiensi lingkungan. Sedangkan model yang lebih kecil cenderung menggunakan lebih sedikit energi dibandingkan dengan model yang lebih besar.

  1. Fleksibilitas

Terlepas apakah bisnis anda berada dalam skala besar atau kecil, ada chiller komersial yang bisa memenuhi kebutuhan anda. Fleksibilitas artinya anda bisa menyesuaikan dan mengubah jumlah unit yang anda miliki dengan cukup mudah, menyesuaikan muatan untuk mencerminkan kebutuhan anda.

Suri Nusantara Jaya Cold Storage Sewakan Ruang Chiller untuk Bisnis

Suri Nusantara Jaya (SNJ) Cold Storage berdiri sejak tahun 2016. Tujuan pendiriannya yaitu menjadi penyedia layanan cold storage yang handal untuk mendukung makanan beku dan industri farmasi yang ada di Indonesia. SNJ Cold Storage merupakan anak perusahaan PT Suri Nusantara Jaya Group. Ini merupakan perusahaan teknologi makanan, logistik, ritel, distribusi, penyimpanan serta jasa boga yang paling besar di Indonesia. SNJ berusaha menjadi layanan manajemen cold storage terbaik agar bisa berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan kethanan pangan bangsa.

Apa saja layanan kami?

  • Transportasi

Kami memberikan layanan transportasi dimana armada kami meliputi truk CDE, CDD dan Fuso. Selain itu, kami juga menyediakan truk container khusus pendingin dengan ukuran bervariasi yang bisa mengangkut hingga 40 feet.

  • Ruang Ante

Ruang ante berada pada suhu 10-15 derajat celcius dan biasa digunakan untuk memilah dan mengemas ulang sebuah produk. Kami menyediakan banyak area loading dock untuk mempercepat mobilitas.

  • Ruangan Penyimpanan Beku

Suri Nusantara Jaya memiliki fasilitas teknologi terbaru dengan sistem racking sampai 12 susun untuk memuat 35.000 pallet.

  • Ruangan Penyimpanan Dingin

SNJ Cold Storage memiliki 5 chamber chiller & 6 chamber frozen. Ruangan penyimpanan dingin berada pada suhu 0-5 derajat celcius serta sangat cocok untuk produk makanan segar.

FAQ

Persyaratan mudah, otomatisasi, contact support 24 jam, layanan lengkap, lokasi yang strategis, dan ruangan yang besar.

Hubungi nomor (021) 84310583 atau +6287889246533 kemudian gunakan layanan kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top
× Chat via WhatsApp